Kamis, 23 Februari 2012

The Notebook


Film ini bercerita tentang seorang kakek, Duke (James Garner), yang pas masa tuanya tinggal di panti jompo. Rutinitas Duke tiap hari adalah bacain cerita buat Ms. Hamilton (Gena Rowlands). Cerita yang diceritain Duke diambil dari sebuah buku, Notebook, isinya tentang kisah percintaan antara Noah (Ryan Gosling) dan Ally (Rachel McAdams), pasangan muda di tahun 40-an. Diceritain gimana love at first sightnya Noah sama Ally, dan cara gilanya Noah buat ngajak kencan Ally. Ally yang awalnya ga suka, karena gigihnya Noah, Ally jadi suka.

Noah ngeliat Ally yang kehidupannya segala teratur dan diatur keinginan orang tua, seakan ga punya kebebasan. Noah yang emang suka ngelakuin hal2 secara spontan ngajak Ally ngelakuin hal2 gila (menurut Ally), kaya tiduran ditengah jalan dibawah lampu merah, dansa ditengah jalan raya, dan lain2, biar si Ally seneng dan bisa ketawa.

Disuatu malem Noah ngajak Ally ke rumah tua yang gede banget, disitu Noah cerita tentang cita2nya yang mau ngebeli rumah itu dan ngebenerinnya. Ally saat itu minta klo nanti bener jadi beli rumah itu, Ally minta Rumah putih dengan cat biru didalemnya. Ally juga minta kamar yang ngadep ke sungai biar dia bisa ngelukis (Ally punya hobi ngelukis) dan ada beranda buat minum teh. Saat itu Noah nyanggupin, karena Ally adalah segalanya buat Noah.

Sebenernya banyak banget perbedaan diantara mereka. Selain Noah yang cuma seorang tukang kayu, dan Ally yang seorang anak orang kaya raya, mereka juga ga pernah sepakat tentang segala hal, ribut melulu. Persamaannya Cuma 1, mereka sama2 tergila2 satu sama lain. Tapi karena perbedaan status itu yang bikin orang tua Ally ga setuju Ally sama Noah. Dan mutuisin buat bawa Ally pulang (saat itu keluarga Ally Cuma lagi liburan musim panas). Noah saat itu ngedenger Ally berantem ma keluarganya, Noah mutusin buat pergi. Diadegan setelahnya ditunjukin beda pikiran cowo (Noah) ma cewe (Ally) dalam nyikapin orang tua Ally, akhirnya mereka berantem. Besoknya Ally dipaksa pulang tanpa bisa ketemu sama Noah.

Ini bikin Noah maupun Ally nyesel, Noah ngirim surat permintaan maaf setiap harinya selama setahun, tapi ga pernah sampe ke Ally karena selalu di sorting sama nyokapnya. Setelah setaun ga ada jawaban ahirnya Noah mutusin buat ngelanjutin hidupnya sendiri. Bahkan Noah ikut wajib militer, ketika perang di eropa Noah kehilangan sahabat baiknya Fin. Saat itu juga Ally jadi sukarelawan yang ngerawat serdadu amerika. Dan pada saat itulah muncul Allan Hammon. Ally ga habis pikir gimana dia bisa cepet banget buat jatuh cinta sama Allan. Allan ini perfect; pinter, cerdas, tampan, kaya, pokonya perfect dimata cewe2 masa itu dech.

Allie rupanya sudah lupa dengan Noah, hingga akhirnya ia menerima pinangan tentara mantan pesiennya itu. Namun, sesuatu mengejutkan terjadi pada hari pernikahannya, Allie melihat foto Noah berdiri di depan rumah impian Allie ( rumah singgah mereka ketika masih pacaran ) yang sudah Noah renovasi sesuai dengan keinginan Allie ketika mereka masih pacaran. Allie pun pingsan dengan gaun pengantinnya!.

Allie lalu memutuskan untuk ke rumah tersebut untuk sekedar menemui Noah, mereka berbincang, naik perahu dimana disungainya dipenuhi angsa. tiba-tiba hujan, Allie marah pada Noah karena mengira Noah tidak pernah mengirim surat, tapi entah apa yang terjadi mereka ciuman. Keesokan harinya ibu Allie menjemput Allie di rumah Noah yang bercat putih dengan jendela birunya, betapa kagetnya ia mendapati putrinya keluar hanya mengenakan selimut.

Setelah itu meraka saling memberi pengertian Allie pun meminta maaf pada kekasihnya, dan akhirnya…Allie balikan sama Noah. Eitts. Tapi itu semua kan Cuma cerita dari pak tua tadi (masih ingat nggak?) ke wanita tua disampingnya. Siapa pria tua itu? Yup! Ia adalah Noah Calhoun, dan wanita tua disampingnya adalah Allie Hamilton. Trus, kenapa Noah “tua” bacain kisah mereka sendiri…ternyata, dihari tuanya Allie mengalami Alzheimer, yang terkadang membuatnya lupa segalanya…kasihan banget ya mereka, dan mau tahui nggak yang lebih mengharukan mereka berdua meninggal dalam keadaan berpelukan. :'(


***

Film ini dibuat berdasarkan novel karya Nicholas Sparks dengan judul yang sama. Sebuah kisah cinta klasik. perbedaan status sosial, perbedaan jarak, perbedaan sifat sangat lekat dengan cerita cinta mereka. Tapi dibalik semua perbedaan itu mereka punya satu kesamaan.  Mereka saling mencintai satu sama lain!!
he, kalau melihat cerita mereka aku jadi teringat antara seseorang dengan seseorang :D

Ada banyak momen momen yang memorable di film ini, sepertinya tak berlebihan kalau banyak yang bilang kalau film ini adalah drama romantis terbaik yang pernah dibuat. Sangat cocok untuk ditonton bersama pasangan.. eh, tapi.. film ini mendapat rating PG-13, artinya agak banyak menampilkan adegan adegan yang cukup vulgar. Sepertinya terlalu "berbahaya" kalau hanya ditonton berdua bersama pasangan jika belum halal. hehehe.. :D
Film ini menyajikan twist ending. Meskipun sebenarnya aku sudah bisa menebak endingnya, he.. tapi tetap akan terasa sweet dan romantis :) kalau kebetulan berasa kena di hati, jangan ragu untuk meneteskan air mata ya..

Adegan yang cukup memorable menurutku adalah ketika Noah mengajak Allie naik perahu di danau, menyaksikan sekumpulan angsa yang sedang berenang, tiba-tiba saja hujan turun.. dan merekapun berciuman. Adegan yang masuk dalam 10 ciuman terbaik sepanjang masa.


kalau kutipan percakapan favoritku adalah ketika Noah meyakinkan Allie untuk menentukan pilihan, ketika Allie harus segera menemui tunangannya yang sudah menjemputnya di Seabork.

" Would you stop thinking about what everyone wants? Stop thinking about what I want, what he wants, what your parents want. What do YOU want? What do you WANT? "

Film The Notebook akan memberikan gambaran pada kita tentang cinta dan logika. Pilihan antara Kemapanan dan kenyamanan. Dan yang paling utama adalah tentang kekuatan cinta. Kekuatan luar biasa yang bisa mengubah hidup manusia.

Hey.. apa aku melewatkan cerita tentang rumah? atau tentang Alzheimer? hmmm.. tonton sendiri aja deh fimnya :) aku lagi malas cerita terlalu banyak. hehe

Tambahan: inilah isi surat pertama dari 365 surat yang dikirimkan Noah kepada Allie, surat yang sangat terlambat diterima Allie. 

Sayangku Allie,

aku tidak bisa tidur semalam 
karena aku tahu hubungan kita sudah berakhir.
Aku tidak sedih lagi, karena aku tahu
bahwa apa yang kita alami dulu adalah nyata.

Dan kalau di tempat lain
di kemudian hari nanti
kita bertemu lagi,

aku akan tersenyum
padamu dengan kebahagiaan
dan mengingat bagaimana
kita menghabiskan musim panas di bawah pepohonan

belajar dari satu sama lain
dan tumbuh berkat cinta.

Cinta terbaik
adalah yang bisa membangunkan jiwa
dan membuat kita
ingin mencapai lebih tinggi,

yang menumbuhkan sepercik api
di dalam hati kita
dan membawakan kedamaian ke
pikiran kita.

Dan itulah yang kau berikan
padaku.
Itulah yang kuharapkan bisa
kuberikan padamu selamanya.

Aku cinta kau.
Kita akan bertemu lagi, 

Noah.

Romantis dan Penuh Haru. :*

1 komentar:

  1. 1992 Mitsubishi Galant AC Compressor
    I enjoyed every little bit of it.you have shared valuable information.Thanx dude..........

    BalasHapus