Rabu, 22 Februari 2012

The Lake House

Ini dia film favoritku, udah berkali-kali aku tonton. Sesuai dengan judulnya film ini menceritakan tentang sebuah rumah yang dibangun di tepi danau (makanya disebut dengan “rumah danau”). Seluruh dinding rumah itu tebuat dari kaca (jadi no privacy) dan ada pohon maple tumbuh di dalamnya tepat di tengah ruangan.


Rumah itu dihuni oleh seorang dokter muda, Kate Forster (Sandra Bullock), bersama dengan seekor anjingnya yang bernama Jack. Cerita diawali dengan Kate yang sedang bersiap untuk meninggalkan rumah danau-nya dan pindah ke sebuah apartemen di kota. Sebelum pergi, Kate meninggalkan sepucuk surat dalam kotak surat yang ditujukan kepada penghuni baru rumah danau. Kate mencantumkan alamat barunya pada akhir surat, berharap kalau ada surat untuknya yang masih dialamatkan ke rumah danau, si penghuni baru bersedia meneruskan surat itu ke alamatnya yang baru.

Di “tempat yang lain”, seorang arsitek muda, Alex Wyler (Keanu Reeves), baru saja membeli sebuah rumah di tepi danau. Rumah danau yang sama. Rumah itu sebenarnya dibangun oleh ayahnya, Simon L. Wyler (Christopher Plummer). Simon Wyler yang kini telah menjadi seorang arsitek kenamaan membangun rumah danau itu pada awal karirnya dulu, ketika Alex masih kanak-kanak. Alex yang menemukan sepucuk surat dalam kotak surat rumah barunya merasa heran ketika penghuni lamanya menulis “Maaf ada jejak kaki anjing di depan pintu. Sudah ada sejak aku pindah. Begitu pula kotak di loteng.” Karena setahunya jalan masuk benar-benar bersih, tidak ada jejak kaki anjing. Dan ketika ia mengecek loteng, tidak ada kotak di sana. Beberapa hari kemudian, ketika Alex sedang mengecat tiang jembatan kayu yang merupakan jalan masuk ke rumah danaunya, ada seekor anjing yang entah muncul dari mana menginjak kotak catnya dan berlari masuk ke dalam rumah. Meninggalkan jejak kaki anjing pada jalan masuk. Alex membaca lagi surat dari penghuni lama rumah danaunya tentang ‘jejak kaki anjing’. Dan rupanya ia menjadi makin bingung…



Pada hari Valentine, Kate dan ibunya (Willeke van Amelrooy) sedang makan siang di Daley Plaza ketika terjadi kecelakaan. Seorang pria tertabrak bus, sebagai seorang dokter Kate berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan nyawa pria itu. Tapi Tuhan berkehendak lain. Pria tersebut meninggal. Kate menjadi sedih karena merasa gagal menolong pria tersebut, Dr. Anna Klyczynski (Shohreh Aghdashloo) atasan Kate di Rumah Sakit mengetahui kesedihan Kate dan menyarankan kepada Kate untuk pergi ke tempat yang jauh dari hiruk-pikuk Rumah Sakit pada akhir minggu, tempat yang bisa membuatnya nyaman. Maka pergilah Kate mengunjungi rumah danau pada akhir minggu. Ternyata rumah danau yang ditinggalkannya masih belum mendapat penghuni baru. Benarkah?

"Nn. Forster.. aku terima pesanmu. Dan sepertinya ada kesalahpahaman. Setahuku, rumah danau ini sudah kosong beberapa tahun ini. Mungkin pesanmu ditujukan untuk rumah Sandburg di tepi pantai, karena rumah ini sudah bertahun-tahun tidak ditempati. Tapi aku tertarik dengan jejak kaki itu." Begitu bunyi surat yang ditemukan Kate dalam kotak surat rumah danau. Surat yang rupanya ditulis oleh pemilik baru rumah danau. Kate yang menjadi bingung setelah membaca surat tersebut mencoba untuk memperjelas keadaan dengan mengirim surat balasan: "Tn. Wyler, aku kenal sekali pondok Sandburg itu.. dan bisa kupastikan aku tak pernah tinggal di sana. … Jadi aku coba sekali lagi. Aku pernah tinggal di rumah danau, lalu aku pindah. Sekarang aku tinggal di 1620 North Racine Chicago. Aku berterimakasih apabila kau mau meneruskan suratku jika ada. Omong-omong sekarang tahun 2006 …"

2006, apa maksudnya? Pikir Alex ketika membaca surat itu. Kebingungannya bertambah ketika ia mengunjungi alamat yang disebutkan oleh Kate dalam suratnya, dan ia hanya menemukan tanah kosong yang baru akan dibangun apartemen dan baru akan berdiri 18 bulan lagi. Nah lo…

Yang terjadi sebenarnya adalah entah bagaimana kotak surat rumah danau itu menghubungkan Alex yang berada di tahun 2004 dengan Kate yang berada di tahun 2006. Awalnya mereka merasa tidak percaya, tetapi setelah masing-masing menyebutkan bukti-bukti akurat bahwa mereka memang benar-benar berasal dari tahun yang berbeda, mereka menjadi makin akrab, bersahabat pena.. dan.. fallin’ in love…

Mereka saling bercerita lewat surat, saling berbagi kesenangan dan kesedihan, bahkan mereka memutuskan untuk berjalan-jalan ‘bersama’ pada hari Sabtu minggu ini. Alex di tahun 2004, dan Kate di tahun 2006. Akhirnya, Alex mengajak Kate untuk bertemu. Besok. Yang berarti satu hari lagi bagi Kate, tetapi berarti dua tahun lagi bagi Alex. I don’t care. I’ll wait! Gitu kata Alex waktu Kate bilang “Alex, itu bukan besok bagimu. Kau harus menunggu dua tahun.” Duh duh duh…

Alex dan Kate berjanji untuk bertemu di sebuah restauran elit Il Mare. Kate datang pada waktu yang telah disepakati, dan menunggu Alex hingga larut. Tetapi Alex tidak pernah datang…

Kate menghubungi Alex, dan menanyakan kenapa Alex tidak datang di restoran tersebut pada tahun 2006. Alex mulai kebingungan, mungkinkah sesuatu terjadi di masa depannya. Perasaan yang sakit, memutuskan mereka untuk tidak saling bertemu lagi. Mereka berpisah tanpa lagi saling mengirim surat, namun perasaan keduanya tidak pernah berubah, mereka masih saling menyayangi.
 

Pada tahun 2008, Kate pergi ke Visionary Vanguard Associates, sebuah kantor arsitek untuk membicarakan renovasi apartemennya, tanpa menyadari bahwa tempat tersebut dijalankan oleh saudara Alex, Harry.

Kate tanpa sengaja melihat sebuah lukisan cat air yang indah, iapun merasa mengenal lukisan tersebut yang bergambar sebuah Rumah Danau dan bertanya siapa yang melukisnya. Harry mengatakan, bahwa lukisan tersebut dibuat oleh Alex Wyler, saudaranya, yang sudah meninggal 2 tahun lalu tepat hari ini karena tertabrak bus. Kate-pun menyadari sesuatu, bahwa laki-laki yang meninggal di pelukannya pada tahun 2006 yang lalu adalah Alex.

Ia segera bergegas menuju lake house, dan mengirim surat di dalamnya. Dan memberitahunkan kepada Alex bahwa orang yang mati hari itu, dua tahun sebelumnya, adalah Alex. Kate menyuruh agar Alex tidak menemuinya di sebuah taman pada tahun 2006. Namun Alex telah pergi untuk menemukan dan melihat Kate di Daley Plaza pada tahun 2006, dimana tempat Alex meninggal karena kecelakaan tertabrak bus.

Ketika Alex tampaknya akan melangkah ke jalan, ia mengangkat tangannya dan membaca kembali catatan dari Kate, yang memintanya untuk menunggunya. “Aku mencintaimu” Kate tulis.

Kate meminta agar Alex menunggu 2 tahun, dan untuk tidak mencarinya atau mencoba menemukannya. Dan akan bertemu di hari yang sama pada tahun 2008 di rumah tepi danau tersebut.
Alex dengan senyuman kecil, memutuskan untuk tetap di trotoar tanpa melangkah ke jalan. Kate jatuh berlutut, memegang ke kotak surat didekatnya, yakin dia sudah terlambat. Kate menangis di dekat kotak surat, berharap Alex baik-baik saja. Sesaat kemudian, Alex datang menemui Kate. Dan mereka bedua pun berjalan bergandengan tangan menuju Lake House.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar