Jumat, 11 Mei 2012

Androgini

Androgini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan. Istilah ini berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu ανήρ (anér, yang berarti laki-laki) dan γυνή (guné, yang berarti perempuan) yang dapat merujuk kepada salah satu dari dua konsep terkait tentang gender. Artinya pencampuran dari ciri-ciri maskulin dan feminin, baik dalam pengertian fesyen, atau keseimbangan antara "anima dan animus" dalam teori psikoanalitis.

Seorang androgini dalam arti identitas gender, adalah orang yang tidak dapat sepenuhnya cocok dengan peranan gender maskulin dan femininyang tipikal dalam masyarakatnya. Mereka juga sering menggunakan istilah ambigender untuk menggambarkan diri mereka. Banyak androgini yang menggambarkan dirinya secara mental "di antara" laki-laki dan perempuan, atau sama sekali tidak bergender. Mereka dapat menggolongkan diri mereka sebagai orang yang tidak bergendera-genderantar-genderbigender, atau yang gendernya mengalir (genderfluid). 

Dalam bidang fesyen, kecendrungan androgini sudah mulai marak. Di industri hiburan hal ini bukanlah hal yang baru, meskipun kita sebagai penonton tetap menganggap hal ini aneh, tapi belakangan hal ini mulai diterima namun sebatas anggapan bahwa ini hanya untuk hiburan. Hal ini terbukti dengan maraknya suguhan tayangan yang menampilkan sosok yang angrogini. Misalnya laki-laki yang didandani perempuan ,namun tetap dengan identitas sebagai laki-laki dan perempuan yang berdandan seperti laki-laki .Hal yang terakhir justru lebih mudah diterima masyarakat , dengan alasan persamaan gender.

Disini aku pengen nampilin foto-foto androgini, berhubung penampilan androgini adalah suatu pemberontakan terhadap definisi gender maka hanya orang-orang yang punya kebebasan yang luas yang berani menampilkan gaya ini. Jadi disini aku hanya dapat menyajikan gaya androgini dari para orang berkecimpung di dunia seni.

1Andrej Pejic 



Model Australia ini terlihat cantik dan seksi menghiasi berbagai runway desainer desainer ternama. Tapi jangan tertipu dengan wajahnya yang bertekstur feminim, Andrej Pejic yang berumur 19 tahun ialah seorang pria lho! Model internasional ini lebih dikenal karena wajahnya yang lebih mirip wanita dibanding pria. Andrej lahir di Bosnia, dua bulan sebelum perang sipil yang membuat negara itu pecah. Akhirnya Andrej memutuskan pindah ke Australia bersama keluarganya pada saat berumur 9 tahun.

Pria yang pernah menjadi pelayan McDonald's ini memulai tren baru dengan menonjolkan tampilan feminim pada pria atau yang disebut femiman. Tanpa menjalani operasi plastik pada wajahnya dia sudah terlihat sangat “wanita”. “Beberapa fotografer berusaha memotret dan mencari sisi maskulin pada wajah saya dan mereka menyerah,” kata Andrej. Namun pada saat fotografer mulai merangkul sisi wajah feminim Andrej, it works.
Andrej sendiri mengaku bahwa dia nyaman menjadi model pria ataupun wanita, “Walupun pakaian wanita lebih menarik dan glamour, saya tetap berusaha menghadirkan sisi maskulin dalam busana pria. Yang terpenting ialah harus selalu menunjukan potensi yang saya miliki,” ujarnya. Dia akhirnya dapat menjadi diri sendiri pada saat berkiprah di bidang fashion. Masa remaja ialah waktu tersulit yang harus dilewati pada saat Andrej harus berpura-pura dan tidak dapat mengekspresikan diri.

Model yang lebih sering dikira wanita ini sudah melangkahkan kaki di dunia model kelas dunia seperti Jean Paul Gaultier dan John Galliano. Andrej juga masuk ke berbagai edisi Majalah Vogue Perancis, Turki, dan Jepang. Fotografer ternama seperti Steven Meisel dan Mert & Marcus meminta Andrej menjadi model untuk Vogue Paris dan Italia. Bahkan lelaki “cantik” ini telah menjadi ikon transgender dari kampanye iklan terbaru desainer ternama Marc Jacobs.

Direktur Harper's Bazaar, Clare Coulson berkata bahwa Andrej adalah model yang sempurna. Busana akan terlihat bagus di tubuh yang tinggi, kurus, dan bersiluet panjang. Itulah yang kita lihat dari Andrej Pejic. Lain lagi pendapat dari Harriet Quick, direktur fashion Vogue menganggap Andrej memiliki sudut pandang yang tajam dengan wajah yang mencolok saat berada di depan kamera. Good Job Andrej!



2. Darell Ferhostan


Adalah Darell Ferhostan, seorang model cowok pendatang baru yang telah mencuri perhatian saya sejak pertemuan pertama. Darell sangat berbeda dari semua model cowok yang pernah saya tau. Rambutnya tergerai panjang melewati punggung, badannya tinggi semampai, ramping tanpa otot bertonjolan di lengan atau dada seperti yang sudah menjadi stereotipe model pria, kulitnya putih bersih dan raut wajahnya begitu lembut. Kesimpulannya, Darell terlalu cantik sebagai cowok.




Cowok kelahiran Jakarta, 16 November 1991 ini memulai karir modelingnya baru sejak Februari 2011, berawal dari beberapa photoshoot untuk produk fashion indie yang saat ini sedang menjamur. Setelahnya, baru pada pertengahan Mei 2011 ia menerima job pertamanya sebagai model catwalk. Tidak tanggung-tanggung, Darell langsung didapuk sebagai model pembuka atau first face dalam fashion show yang menampilkan karya designer Yossafat. Setelah itu Darell kembali tampil berturut-turut dalam fashion show koleksi EdBe by Eddy Betty, ESMOD Graduation, dan LaSalle Graduation.



Dengan tinggi 185 cm dan berat 63 kg ditambah segala keunikkan yang ia miliki, termasuk faktor Androgini didalamnya. Rasanya tidak berlebihan bila Darell menjadi salah satu dari sekian nama model newcommer paling menjanjikan.

Yeahhh at least, we can say Will See and Welcome Darell Ferhostan to our fashion industry!.

3. Kristina Salinovic
Model wanita asal Kroasia ini kerap tampil seperti wajah pria Eropa yang dingin. Ia mengatakan kepada Vogue bahwa makanan favoritnya adalah pizza dan onion ring, yang terdengar seperti makanan favorit pria.



Androgini diartikan sebagai penggabungan antara laki-laki dan perempuan yang lebih merajuk pada konstruksi sosial dan kultural dalam masyarakat. Kehadiran dan penanaman sifat Androgini saya rasa sangat efektif dalam memberikan pencerahan terhadap masalah gender dan bias gender di Indonesia.


id.wikipedia.org
www.cosmopolitan.co.id
forum.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar