Kamis, 08 Desember 2011

10 Kiper Terbaik 2011/2012

Berbagai kiper kelas dunia telah banyak muncul di dunia sepakbola. Beberapa dari mereka mempunyai prestasi dan penampilan yang mengesankan hingga disebut sebagai kiper terbaik. Berikut adalah 10 kiper terbaik di dunia dalam Tahun 2012 versi Gue

1. Iker Casillas(Real Madrid, Spanyol)
 
Kemampuan dan kualitas seorang Iker Casillas tidak perlu diragukan lagi. Iker menjadi benteng tangguh El Real dalam menghadapi serangan lawan.

Tahun lalu ia mampu membawa Real Madrid menjuarai Copa del Rey usai mengalahkan seteru abadinya Barcelona dengan skor 1-0 melalui gol Cristiano Ronaldo.

Penampilan cemerlang Casillas ditunjukkan bersama timnas Spanyol dengan meraih gelar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan .Casillas masih menjadi pilihan nomor satu pelatih Madid dan Timnas Spanyol sejak lama.

2. Manuel Neuer (Bayern Munich, Jerman)
Kiper berusia 25 tahun ini memang menjadi incaran sejumlah klub besar Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, dan Arsenal. Namun. ia memilih bermain di Jerman bersama Bayern Munich.
 
Bersama Schalke 04 ia menampilkan performa terbaik dan membawa The Royal Blues menjadi kampiun Bundesliga. Ia juga membawa timnya lolos ke babak semifinal Liga Champions 2010/2011.
 
Penampilannya bersama timnas Jerman juga tidak terlalu mengecewakan meskipun gagal membawa Der Panser berprestasi di Piala Dunia 2010. Ia dikenal memiliki gerak reflek dan kemampuan membaca gerak penyerang lawan, terlebih saat posisi one by one. 

3. Diego Alves (Valencia, Brazil)
Asal tahu saja, Alves memiliki rekor apik menghentikan tendangan penalti lawan. Tercatat, 11 dari 17 tendangan penalti berhasil dihentikan kiper asal Brasil itu sejak bermain di Spanyol pada 2007. Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Fernando Llorente, atau Frederic Kanoute pernah gigit jari karena tak mampu membobol gawang Alves dari titik putih. “Penalty Killers ”

4. Joe Hart (M. City, Inggris)
 
Manchester City kini menjadi klub yang dipandang di kompetisi Liga Inggris. Prestasi City musim sekarang tak bisa dilepaskan dari peran kiper muda Joe Hart.

Pria berusia 24 tahun ini direkrut City pada tahun 2006 dengan harga 1,5 juta pounds. Walaupun kariernya bisa dibilang "baru" dan hanya memberikan gelar FA Cup bagi Manchester City musim lalu, penampilan Hart membuatnya menjadi salah satu kiper terbaik saat ini.


Ia kini menjadi kiper utama Manchester City dan membuktikan kualitasnya dengan membantu mengantarkan City sementara memimpin klasemen Liga Inggris. Dan karena penampilannya pula ia menjadi kiper nomor satu Inggris saat ini.

5. Arthur Guilherme Moraes Gusmao (Benfica, Brazil)
Kiper berkebangsaan Brasil ini juga menjadi kunci kesuksesan Benfica nangkring di puncak klasemen sementara Liga Portugal musim ini. Bersama Artur di bawah mistar, Benfica (12 gol) mencatatkan diri sebagai tim kedua yang paling sedikit kebobolan setelah FC Porto (8 gol). Dan dia juga menjadi incaran dari manajer Tangguh Sir Alex Ferguson.

6. Gianluigi Buffon (Juventus, Italia)
 
Buffon memiliki prestasi mengkilap sebagai kiper. Ia telah membawa Italia sebagai juara Piala Dunia 2006 dan beberapa kali terpilih menjadi kiper terbaik di dunia. Buffon juga turut membawa klubnya, Juventus, memuncaki tabel klasemen sementara musim ini dan yang paling sedikit kebobolan diliga-liga besar di eropa . Ia menjadi kiper yang mutlak bagi Si Nyonya Besar.

7. Hugo Lloris (Lyon, Prancis)

 















Hugo Lloris mencetak sukses dengan membawa Lyon menjadi kampiun Liga Prancis atau Ligue 1 dari tahun 2001 hingga 2008. Namun, sejak itu Lyon tidak pernah lagi mencicipi gelar juara tiga tahun beturut-turut dan musim lalu hanya menempati posisi tiga dibelakang Lille dan Marseille.

Pria 24 tahun ini juga membawa timnya meraih kemenangan atas Nice 2-0 dan dalam pertandingan itu, ia berhasil menahan tendangan penalti lawan. Lloris juga membantu timnya meraih tiga poin atas Lens pada pertandingan sebelum libur musim dingin.

Penampilan cemerlang Lloris juga ditunjukkan di timnas Perancis dan berhasil membawa Les Bleus lolos ke Euro 2012 sebagai juara grup D.


8. Vyacheslav Malafeev (Zenit St Petersburg, Russia)


Malafeev menjadi bintang Zenit dengan mengantarkan klubnya memimpin sementara Liga Primer Rusia, unggul dua poin dari CSKA Moskow dan membawa Zenit lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai runner-up grup G.

Di timnas Rusia, ia juga menjadi kiper utama Rusia di kualifikasi Euro 2012 menggantikan rekan setimnya Igor Akinfeev yang mengalami cedera. Penampilan cemerlangnya membawa Tim Beruang Merah lolos ke putaran final Euro 2012 sebagai juara Grup B.    


9. Petr Cech
 
Kegemilangannya menjadi orang terakhir di bawah mistar Chelsea sejak era Jose Mourinho membuatnya banyak diberi gelar individual. Kiper yang terkenal dengan helm khususnya ini juga turut mempersembahkan berbagai trofi bagi The Blues.

10. Victor Valdes
 

Dalam satu dekade terakhir Valdes menjadi kiper yang tak tergantikan di Barcelona. Segudang gelar telah ia persembahkan kepada klubnya itu, termasuk enam gelar yang Azulgrana raih musim 2008/2009. Walaupun ia tidak menjadi pilihan pertama di Timnas Spanyol dan seolah "terlupakan", ia menjadi kiper tangguh bagi Barcelona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar