Sabtu, 31 Desember 2011

Tempat Wisata Paling Ok di Bandung

Bandung merupakan salah satu tempat tujuan wisata menarik di Indonesia. Ini dia tempat-tempat wisata yang wajib anda singgahi ketika di Bandung.


Gunung Tangkuban Perahu


Terletak 30 km di sebelah utara kota Bandung, kita dapat menjangkau gunung yang indah ini dalam waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan, anda dapat melihat kebun teh dan deretan pohon pinus sambil menikmati udara sejuk. Terdapat mata air panas yang bisa ditemukan di kaki gunung serta deretan kawah memanjang dari gunung berapi ini. Gunung ini dinamai Tangkuban Perahu karena bentuknya yang seperti perahu terbalik. Pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah gunung ini terlihat jelas, begitu pula dengan dasar kawahnya. Pemandangan yang betul-betul menakjubkan. 

Sari Ater

Sari Ater atau yang lebih akrab disapa Ciater, merupakan tempat wisata pemandian air panas yang terletak 32 km di Utara pusat kota Bandung. Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Ciater berada di belakang gunung Tangkuban Perahu. Di sepanjang jalan menuju ciater, anda dapat melihat perkebunan teh dan hutan pinus yang luas. Ciater berdiri di atas lahan sebesar 40 Ha. Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, Air panas dari Ciater juga digunakan sebagai terapi penyakit, terutama penyakit kulit. Fasilitas yang terdapat di Ciater beraneka ragam, yaitu bungalow, kolam renang air panas, restoran, hiking, outbound dan lain sebagainya.

Maribaya

Maribaya merupakan tempat wisata pemandian air panas sekaligus air terjun. Terletak sekitar 21 km dari utara Bandung, atau 5 km dari timur Lembang, air panas yang terletak di Maribaya terkenal berkhasiat menyembuhkan. Sementara air terjunnya yang berjumlah 5 buah, sangat digemari oleh para pengunjung. Terdapat banyak kera di objek wisata ini yang dapat kita beri makan. Di Maribaya, juga terdapat taman, di mana dari taman tersebut para pengunjung dapat melakukan trekking sepanjang 6 km melalui lembah sungai menuju ke Bukit Dago, Bandung. Pemandangan sunset yang indah dapat anda temukan di sana. 

Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Suhu di sana sebesar 8-22 derajat celcius. Di puncak Gunung Patuha terdapat Kawah Saat di bagian barat. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII. Kawah Putih terletak di Ciwidey yaitu 46 km di selatan kota Bandung. Dari pintu gerbang kawah putih hingga tempat wisatanya, berjarak 5 km. Anda dapat melaluinya di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan dikelilingi pemandangan hutan dengan aneka spesies tanaman. Dalam perjalanan menuju kawah, terdapat pula obyek menarik seperti rel kereta tua, sawah, kebun teh dan juga pohon pinus. 

Kampung Gajah

Kampung Gajah yang terletak di Bandung Barat menawarkan hiburan outdoor menarik, belanja dan kuliner dalam satu tempat. Bagi penggemar outdoor activity, anda dapat mencoba touring ATV, fun bike, horse riding dan sebagainya. Terdapat pula mini atv, mini flying fox, trampoline dan berbagai permainan lainnya untuk anak-anak. Untuk hiburan air, tersedia bumper boat ataupun bebek-bebekan untuk anak-anak. Sementara bagi anda pecinta kuliner, anda dapat menjajal menu-menu khas Kampung Gajah. Kampung Gajah cocok bagi keluarga yang ingin berrekreasi dan melepas penat setelah kesibukan di hari biasa. Anda dapat menikmati pula pemandangan alam kota Bandung yang indah di sana. Kampung Gajah terletak di Jl. Sersan Bajuri KM 3,8.



Angklung Kinerja

Angklung adalah salah satu instrumen musik tradisional Indonesia. Instrumen ini terbuat dari beberapa kelompok tabung bambu diukir melekat pada kerangka bambu. Di Jawa Barat, salah satu studio yang paling populer adalah angklung Saung Angklung Udjo yang terletak di pinggiran kota Bandung. Studio ini milik musisi terkenal angklung Udjo Nalagena. Selain menunjukkan kinerja harian angklung, Saung Angklung Udjo juga menyediakan lokakarya, pusat kerajinan tangan, dan museum hidup bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang
angklungs.




Taman Budaya
Lokasi: Jl. Bukit Dago Selatan No. 53 A, Bandung
Telp. (022) 250 4912
Fasilitas: Di wilayah bekas Dago Tea Houseini, Anda bisa mengenalkan balita dengan kesenian Jawa Barat seperti tari Merak, tari Jaipong, gamelan Sunda, teater, grup vokal, silat dan wayang golek.Konsep pertunjukan out door  yang digelar setiap Sabtu sore akanmenambah kesegaran. Anda dan balita dapat menikmati pertunjukan kesenian Jawa Barat dengan latar belakang panorama kota Bandung. Sambil menonton, Anda bebas membawa bekal camilan. Disediakan juga kafetaria atau gerobak jajanan di pintu masuk. Disiang hari, biasanya arena Taman Budaya dipakai untuk anak-anak belajar menari. Anda dan balita juga diperbolehkan ikut belajar menari bersama para pelatih dari mahasiswa atau alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Tiket  : Gratis
Waktu Buka
Pagelaran Setiap Sabtu : 16.00 WIB
Tips:
Jaket atau sweater.
Kamera atau vidio untuk mengabadikan polah si kecil selama nonton pertunjukan.
Minyak kayu putih bila anak mulai kedinginan dengan udara malam.
Mintabalita duduk disamping Anda. Jangan biarkan dia 'merambah' ke pinggiratau atas panggung, karena dapat mengganggu pertunjukan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar