Minggu, 30 September 2012

5 Lagu Kolaborasi Paling Hot di 2012

5 Lagu Kolaborasi Paling Hot di 2012 
Secara umum, kolaborasi bisa jadi sebuah proyek kehormatan bagi pihak yang diajak bekerja sama. Apalagi kalau yang mengajak sudah dikenal. Dalam banyak kasus, tak jarang lagu kolaborasi ini melejitkan nama salah satu penyanyi.Melewati pertengahan tahun 2012 ini, sejumlah lagu begitu sering wira-wiri di tangga-tangga lagu internasional. Bahkan, beberapa masih dinyanyikan sampai sekarang. Apakah lagu kesukaan kamu masuk dalam daftar KapanLagi.com? Cek sendiri!

1. Drake feat Rihanna 
 
Lagu Take Care diambil dari album kedua Drake, yang bertitel sama. Lagu ini jadi istimewa karena ada Rihanna di dalamnya. Sebagai salah satu artis terbesar era ini, dia dipastikan berperan besar melejitkan nama Drake.Take Care meraih sukses komersil, menduduki posisi ke-7 di tangga Billboard Hot 100. Di saat bersamaan, juga meramaikan tangga lagu di Australia, Denmark, New Zealand dan Inggris.
 
Klipnya dirilis di akhir Desember 2011, menceritakan keintiman Drake dan Rihanna dalam warna-warna gelap. Selain itu juga ditampilkan hewan-hewan seperti banteng dan ikan.Take Care bukanlah kerjasama pertama antara Rihanna dan Drake. Sebelumnya, Drake sudah sumbang suara dalam lagu What's My Name dari album LOUD (2010) Rihanna. Kolaborasi ini diwarnai oleh drama Drake yang bertingkah seolah jatuh cinta kepada pemilik hit We Ride itu.

Well, siapa yang tidak jatuh cinta dengan Rihanna?

2. Maroon 5 feat Wiz Khalifa 
 
Baiklah. Siapa yang akan meragukan Maroon 5 dengan vokalis ekstra metropolitan Adam Levine? Seperti biasa, klip yang dirilis pada 10 Mei 2012 ini jelas membutuhkan modal tak sedikit. Dalam klipnya, ada tabrakan, mobil terbakar, perampokan bank. Oh, tak boleh dilupakan, adegan Levine buka baju yang akan membuat Clark Kent minder.
Payphone ada di dalam album OVEREXPOSED (2012). Di lagu ini, Maroon 5 menggandeng Wiz Khalifa, seorang rapper Amerika. Payphone terjual sebanyak 493 ribu copy hanya di minggu pertama. Lagu ini melesat ke peringkat ke-3 Billboard Hot 100, di belakang Somebody That I Used to Know (Gotye feat Kimbra) dan Call Me Maybe (Carly Rae Jepsen).

Untuk sang rapper sendiri, kolaborasi ini bukan yang pertama karena pada tahun 2011 dia sudah merilis album kolaborasi MAC & DEVIN GO TO HIGH SCHOOL bersama Snoop Dogg. Tahun 2011, dia muncul dengan debut album ROLLING PAPERS, disusul O.N.I.F.C (2012).

Dengan intensitas kemunculan Adam Levine di televisi sebagai juri ajang bakat THE VOICE, nama Maroon 5 pun tetap dicari. Padahal, lagu Moves Like Jagger bersama Christina Aguilera dari album HANDS ALL OVER (2011) belum berakhir gaungnya. 

3. Gotye feat Kimbra 
 
Sebelum merilis MAKING MIRRORS (2011), sebenarnya Gotye yang punya nama asli Wouter De Backer ini sudah melahirkan dua album, BOARDFACE (2003) dan LIKE DRAWING BLOOD (2006). Baru melalui single Somebody That I Used to Know, nama Gotye dikenal di dunia internasional.Dalam minggu pertama perilisan, album MAKING MIRRORS mencetak sukses. Tak butuh lama, Gotye mendapat banyak nominasi dari berbagai ajang penghargaan. Setelah klip Somebody That I Used to Know diluncurkan pada 30 Juli 2011, sukses lebih besar seolah sudah menunggu.
Klip yang sangat artistik menambah nilai plus lagu Somebody That I Used to Know ini. Berbagai cover version seperti menjamur di situs Youtube. Dalam lagu ini, Gotye mengajak serta Kimbra, seorang gitaris, penyanyi dan pencipta lagu asal New Zealand. Kalau album MAKING MIRRORS dirilis pada 19 Agustus 2011, maka debut album Kimbra, VOWS dirilis pada 29 Agustus 2010. Meski terdengar baru, namun sebenarnya Kimbra sudah cukup lama bermusik. Gadis 22 tahun ini memang dikenal dengan gayanya yang berkarakter namun simpel. Sejak tahun 2005, ia sudah merilis single demi single dan meraih sejumlah penghargaan.

4. Owl City feat Carly Rae Jepsen
 
Dari judulnya saja sudah jelas menyenangkan. Owl City dengan cerdas memilih Carly Rae Jepsen sebagai pasangan dalam lagu Good Time. Carly Rae sendiri mendunia hanya melalui satu single, Call Me Maybe, ditambah senyum lebar yang menarik.Untuk lagu-lagu menyenangkan yang anthemic dinyanyikan bersama teman-teman karena begitu catchy, serahkan urusan pada Owl City. Sebagai seorang solois, musisi bernama asli Adam Young ini telah melahirkan empat album, MAYBE I'M DREAMING (2008), OCEAN EYES (2009), ALL THINGS BRIGT AND BEAUTIFUL (2011) dan THE MIDSUMMER STATION (2012).

Klip Good Time dirilis pada 24 Juli 2012, dan tentunya tak butuh waktu lama sampai nada-nada lagu itu merasuk ke otak. Cerita klipnya pun ringan saja, menampilkan Owl City dan Carly Rae Jepsen menari-nari sambil bernyanyi bersama teman-teman mereka. Lagu ini hampir sama ringannya seperti Call Me Maybe dan Fireflies, sehingga soal popularitas, tak perlu dipertanyakan.

5. Fun feat Janelle Monae
 
Yang harus diketahui, Fun bukan band baru. Pendirinya, Nate Ruess, dulu pernah membentuk band The Format. Dirilis sebagai single album kedua SOME NIGHTS (2012), lagu We Are Young dianggap sebagai gebrakan pop indie.Lagu tersebut dinyanyikan dalam salah satu film musik GLEE, dan membuat We Are Young semakin populer. Bagi Fun dan Janelle Monae, lagu ini memberi mereka masing-masing kesempatan untuk merasakan panasnya posisi 1 tangga lagu Hot 100.

Janelle Monae sendiri berusia 26 tahun, telah merilis THE AUDITION (2003), mini album METROPOLIS: SUITE I (THE CHASE) di tahun 2007, serta THE ARCHANDROID (SUITES II AND III) pada 2010. Tidak ada albumnya yang berhasil menembus pasar, sampai dia berkolaborasi dengan Fun. Janelle diajak karena pertemanan baiknya dengan produser Fun, Jeff Bhasker. Sesuai judul, klip We Are Young menggambarkan acara senang-senang di dalam sebuah klub. Ceritanya sederhana saja, namun terasa pas dengan cerita klip-nya. Lagu ini begitu populer, sehingga mobil Chevrolet pun memakainya di iklan mereka.

Sumber : musik.kapanlagi.com  & vengeanceest6661

Tidak ada komentar:

Posting Komentar