Selasa, 18 Juni 2013

17 Tempat Belanja Murah di Bandung.

Belanja murah di bandung
Suasana kota yang sejuk dan nyaman, disertai dengan berbagai tempat wisata kuliner dan belanja yang berada disepanjang jalan-jalan strategis, menjadi daya tarik tersendiri dari kota yang dikenal dengan Paris Van Java. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kota ini menjadi tujuan favorit wisatawan lokal dan manca negara seperti Malaysia. Berikut adalah beberapa tempat wisata belanja murah yang bisa anda kunjungi saat berlibur di kota Bandung :

1. King Center.
Tempat ini lebih difokuskan untuk anak muda dengan gaya fashion yang selalu trendi. Menyediakan berbagai macam baju, sepatu, , tas, dan aksesoris unik dengan harga murah. Tetapi terkadang barang yang dijual pilihannya sedikit dan bahkan ada yang dijual secara terbatas. Saat musim liburan tiba, banyak diskon yang diberikan oleh pasar yang berada di jalan Kepatihan 11-17.



2. Pasar Baru Center.
Pusat perbelanjaan ini sangat lengkap dan murah dan menjual komoditi sandang mulai dari busana muslim, busana casual, busana pesta, jeans, sepatu, tas, tekstil, kosmetik, aksesories, batik, perlengkapan bayi, perlengkapan haji, seragam sekolah, sprei, cover dan masih banyak produk lainnya. Ada juga oleh-oleh atau buah tangan makanan khas Jawa barat. Lokasi www.pasarbarutradecenter.co.id ini terletak di jalan Otista no.70.

3. Gang Tamim.
Gang ini terletak tepat dibelakang Pasar Baru dan merupakan sentra penjualan kain meteran, dengan aneka bahan pakaian dan celana mulai dari jeans hingga katun, chiffon, brokat dan kebaya yang tersedia dalam berbagai motif dan warna. Harga yang ditawarkan relatif murah, terlebih jika berani menawar dengan harga lebih rendah. Disini beragam pilihan jeans berkualitas juga ditawarkan dengan harga murah. Gang Tamim lebih dulu disambangi oleh para pemburu jeans sebelum jalan Cihampelas menjadi populer.  Uniknya, di sini kita dapat membeli bahan-bahan tersebut dengan sistem kiloan.

4. Pasar Kaget Gasibu.
Pasar ini berada di lapangan Gasibu setiap hari Minggu. Segala macam barang ada di pasar kaget ini, mulai dari aksesoris, pakaian, perlengkapan bayi, kerajinan tangan, peralatan sekolah, peralatan rumah tangga, hingga sayur mayur serta beragam jajanan. Selain berbelanja, anda juga dapat menikmati wisata bersejarah ke Gedung Sate, serta Geologi yang berada tidak jauh dari pasar ini.
Lokasinya mulai dari depan Monumen Bandung Lautan Api depan kampus Unpad di jalan Dipati Ukur, sampai dengan ke arah jalan Diponegoro.

5. Cihampelas.
Toko-toko disini berjejer menjual barang yang sama yaitu aneka kaos dan jins. Cihampelas sudah tersohor di kalangan wisatawan untuk berbelanja jeans, serta pernak-pernik yang unik dari bahan kulit. Dikenal juga sebagai tempat belanja oleh-oleh jajanan khas dari Bandung yang berada di sepanjang jalan Cihampelas.
Anda bisa mampir ke Ciwalk alias www.cihampelaswalk.com. Mal ini punya suasana yang nyaman dan asri.

6. Plaza Parahyangan.
Letaknya dekat dengan alun-alun Bandung tepatnya di jalan Dalem Kaum, disini ada kurang lebih 450 pedagang distro yang berjualan disatu gedung (5 lantai), sehingga bisa disebut sebagai pusatnya distro di Bandung. Meski tempatnya di dalam plaza, yaitu www.plazaparahyangan.com tetapi barang-barang belanjaan di sini bisa di tawar.

7. Sentra Rajutan Binong Jati.
Dikenal sebagai tempat produksi perajin rajutan di Bandung. Di sekitar Gapura yang bertuliskan Sentra Industri Rajutan Binong Jati, di jalan Gatot Subroto, terdapat sebuah pasar yang bernama Pasar Binong. Anda akan melihat jalan setapak yang dipadati oleh rumah penduduk sepanjang kurang lebih lima ratus meter, bila diselusuri terus, dapat terlihat di beberapa rumah ada belasan perajin sedang merajut.

8. Sentra Kaos Suci. (SKOCI)
Sentra kaos ini adalah salah satu pelopor pembuatan kaos terlama di Bandung yang tetap bertahan di antara gempuran produk-produk impor. Jumlah pengrajin kaos di kawasan Suci diperkirakan lebih dari 200 pengrajin kaos yang diproduksi di rumahan ini untuk dipasarkan di jaringan distro, seperti dengan merek 347, Ouval, Airplane, Evile, dan Eat. Kawasan Sentra Kaos Suci berada di sepanjang jalan Surapati tak jauh dari lapangan Gasibu.

9. Pusat Kain Cigondewah. 
Merupakan tempat berbelanja berbagai macam jenis kain berkualitas dengan harga murah, lokasinya berada di kawasan Bandung Selatan, tepat berbatasan dengan Cimahi. Para konsumen biasa membeli kiloan atau dengan satuan panjang Jar. Pandai-pandailah menawar, ditempat ini tidak ada patokan atau kesepakatan harga antar sesama pedagangnya. Jadi cari saja pedagang lain yang menjajakan dagangan kain serupa, dijamin harganya pasti berbeda.

10. Jalan Riau dan jalan Dago.
Tempat ini adalah pusat belanja Factory Outlet dan Distro. FO menjual baju-baju bermerk seperti Hugo Boss, Burberry, Versace, Timberland, Nike, Manchester United (MU), Armani, DKNY, Old Navy, Billabong, Quicksilver, Zara, MNG, Esprit, Gap, TopShop, DKNY, Gucci, Armani, Miss Selfridge, Nike, Old Navy, Victoria Secret , Guess. Kalau anda mulai dari jalan Riau, susuri tiap sisi jalannya mulai dari For Men, Terminal Tas, De Secret, Heritage, Oasis, hingga tiba di perempatan Jalan Dago. Untuk lanjut wisata belanja, bertolaklah ke kanan ke jalan Dago. Di tiap sisinya berjejer FO seperti Donatello, Jetset, Up Town, Grande, Blossom, DSE, dll. Di perempatan Jalan Sulanjana-Sultan Agung, anda bisa belok sebentar untuk melongok distro-distro. Ada 347, De Loops, Flashy, juga Blackjack.


11. Pasar Induk Gedebage.
Pasar induk Gedebage juga terkenal dengan pasar pakaian bekas yang dijual dengan sangat murah. Di sini, mungkin anda tak akan mendapati suasana nyaman seperti pusat perbelanjaan lainnya. Kondisi pasar memang kental terasa, pengap dan terkadang becek di banyak tempat. Tapi, di sinilah anda bisa membeli baju, jins, jaket, tas, sepatu, topi, dan beragam aksesori pakaian lainnya dengan harga mulai dari Rp 5.000.

12. Pasar Cibaduyut.
Jalan Soekarno-Hatta dari arah Cibiru, melewati Terminal Leuwi Panjang, anda akan tiba di perempatan dengan patung sepatu besar di tengah-tengahnya, belok kiri ke jalan Cibaduyut. Sudah puluhan tahun jalan ini terkenal sebagai kawasan penghasil sepatu asli buatan dalam negeri, pastinya asli Bandung. Baik sepatu pria dan wanita, sepatu kets maupun kulit, sepatu dewasa dan anak-anak, semuanya ada di sini. Terlebih lagi, sepatu-sepatu yang dijual di Cibaduyut berkualitas baik dan harganya pun terjangkau.

13. Kawasan Belanja Gang Nata.
Ingin membeli pakaian resmi ataupun kasual, untuk laki-laki, perempuan, anak-anak, kemeja, celana panjang katun dan jeans, kaus, jaket, sandal, sepatu, hingga aksesori dengan harga murah tapi juga berkualitas. Tempat belanja murah ini ada di daerah Kopo Sayati, atau lebih tepatnya lokasinya di Gang Nata I, dekat dengan SMPN 2 Margahayu. Pakaian yang dijual di Gang Nata hampir sama dengan jenis pakaian yang di jual factory outlet (FO) yang ada di pusat Kota Bandung, bedanya disini anda dapat menawar.  Para penjual pakaian ini mendapat stock pakaian dari Jakarta dan Singapura.

14. Pasar Kota Kembang.
Ada satu lagi tempat untuk berbelanja murah meriah beragam perlengkapan fashion, sepatu merupakan produk yang paling banyak dijual di sini, tas, aksesoris, kain dan kosmetik. Pasar Kota Kembang ini sering juga disebut Kokom (Kota Kembang) lokasinya berada di daerah Dalem Kaum, Alun-Alun Bandung. Ada banyak lapak-lapak dari para penjual yang berderet-deret mengapit di jalanan ini.

15. Pasar Minggon Punclut.
Pasar kaget ini berada di daerah utara Bandung, tepatnya di kawasan Ciumbuleuit yaitu di jalan Bukit Raya. Sesuai dengan namanya, pasar ini hanya ada pada hari Minggu. Selain menjual makanan, sayuran dan buah-buahan segar, pasar ini juga menjual aksesoris, pernak pernik, alat rumah tangga, baju, mainan hingga peliharaan seperti kelinci. Karena berada disepanjang jalanan Bukit Raya yang ditutup, biasanya pengunjung parkir di ujung jalan dan berjalan kaki ke dalam pasar tersebut sambil menikmati udara segar Bandung di pagi hari.

16. Pasar Buku Palasari. 
Sesuai dengan namanya, tempat ini menjual buku dengan harga murah, disarankan untuk berbelanja di pasar buku Palasari yang ada didaerah antara Lodaya dan Buah Batu. Harga buku di pasar buku Palasari ini rata-rata dikenakan diskonsebesar 30%. Akan tetapi, berbelanja buku di pasar Palasari ini tetap harus ekstra hati-hati karena tidak jarang buku yang disediakan adalah buku bajakan.

17. Pasar Jatayu. 
Bagi pecinta alat outdoor, jalan ini sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Sebagian besar orang Bandung pasti sudah tahu kalau salah satu pusat barang bekas ada di jalan Jatayu. Disini alat–alat outdoor dijual bercampur dengan lapak-lapak penjual alat-alat militer. Ada ransel, belati, tali, carabiner, tenda, kompor parafin, kompor gas, sepatu, dan lain sebagainya. Dijamin kualitas dan kekuatan barang-barangnya asli militer. Tips beli barang outdoor disini adalah bandingkan antara satu kios ke kios lain, supaya tahu kualitas dan jenis barangnya.

Sumber : Edited by Rwibi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar